Dalam dua angsuran pertama seri Tek Tips ini, kami melihat PCI

Dalam dua angsuran pertama seri Tek Tips ini, kami melihat PCI dan AGP, tidak diragukan lagi slot ekspansi yang paling umum di komputer saat ini. Dengan beberapa perbaikan utama pada keduanya, PCI Express ditakdirkan untuk menggantikan keduanya dan menawarkan tingkat kinerja komputer yang sama sekali baru.

PCI Special Interest Group Agen slot (PCI-SIG) Seperti halnya AGP dan PCI, pengembangan PCI Express dapat dikaitkan dengan Intel. Namun, kali ini, mereka bermitra dengan beberapa pemukul berat lainnya di industri, seperti Microsoft, IBM, dan Dell. Meskipun sekarang dikenal sebagai PCI Express, itu bukan pilihan awal mereka untuk namanya. Jika bukan karena PCI-SIG, komite yang mengawasi standar PCI, kami mungkin merujuk ke format baru ini di 3GIO (Third GenerationInput / Output).

Pengembangan PCI Express berakar Slot online pada standar PCI dan AGP, tetapi koneksi fisik tidak dapat dipertukarkan, dan kita akan melihat bahwa ini bukan satu-satunya perbedaan. Dalam standar PCI, data dari berbagai perangkat bergerak melalui bus bersama ke sistem. Dalam standar AGP, antarmuka berdedikasi, point-to-point mentransmisikan data dari kartu grafis ke sistem. Pendekatan PCI Express untuk transfer data melibatkan kumpulan koneksi serial dua arah yang membawa data dalam paket, mirip dengan cara koneksi jaringan beroperasi.

Data dari perangkat PCI Express tidak lagi harus melakukan perjalanan melalui satu bus, atau satu koneksi khusus, tetapi dapat menggunakan kombinasi dari koneksi serial dua arah ini untuk mengoptimalkan throughput. Istilah “jalur” dan “tautan” sepertinya tidak terlalu teknis, tetapi bermakna khusus dengan PCI Express. Tautan adalah koneksi fisik antara perangkat PCI Express, yang dapat terdiri dari beberapa jalur yang mengirim dan menerima data secara independen. Tautan dapat terdiri dari 1, 2, 4, 8, 12, 16, atau 32 lajur, dan konfigurasi memungkinkan fleksibilitas dalam menentukan lajur sebanyak yang diperlukan untuk perangkat tertentu. Ada manfaat nyata untuk pendekatan ini, dan beberapa yang lebih penting termasuk poin-poin berikut …

Setiap jalur komunikasi PCI Express didedikasikan antara dua titik, sehingga tidak ada pembagian bandwidth. Hambatan utama PCI adalah bahwa semua perangkat berbagi setara dengan satu jalur, dan semua bandwidth yang tersedia juga harus dibagi.

Beberapa jalur dapat ditetapkan ke perangkat yang kinerjanya akan diuntungkan dari kecepatan dan bandwidth ekstra. Kartu grafis PCI Express mungkin diberikan 16 lajur (juga disebut sebagai x16), sementara adaptor jaringan mungkin ditugaskan hanya 1 lajur. Setiap jalur yang Anda sediakan untuk suatu perangkat meningkatkan potensi kinerja, karena data diurutkan atas / bawah setiap jalur yang tersedia untuk mengoptimalkan throughput. Proses pengiriman byte data berikutnya ke jalur yang tersedia berikutnya disebut sebagai striping data, dan jelas lebih banyak jalur yang lebih baik untuk contoh di mana banyak data perlu ditransmisikan dengan cepat.

Berbicara tentang kartu grafis, manfaat lain adalah beberapa kartu grafis berkinerja tinggi dapat dipasang pada satu motherboard. Fleksibilitas PCI Express memungkinkan dua slot PCI Express x16 disertakan untuk kartu grafis ganda, sesuatu yang di masa lalu membutuhkan satu slot AGP dan satu slot PCI. Dan karena keterbatasan kinerja, kombinasi AGP dan PCI tidak dapat dianggap sebagai kinerja tinggi. Selain dua slot x16 yang memungkinkan operasi dua layar, saat menggabungkan kartu grafis tertentu pada motherboard yang mendukung teknologi SLi nVidia, sumber daya dari dua kartu yang terpisah dapat dijembatani bersama untuk kinerja yang lebih besar pada satu layar. Contoh dari motherboard semacam itu dapat dilihat di LAN Party UT nF4 SLi-D.

Sama seperti motherboard yang mendukung AGP dan PCI sebagai cara untuk memungkinkan tampilan ganda, beberapa motherboard menawarkan slot AGP dan slot PCI Express. Hal ini tidak hanya memungkinkan pengguna untuk menjalankan tampilan ganda, tetapi juga memberikan manfaat tambahan untuk memungkinkan peningkatan versi selesai secara bertahap. Jika motherboard dengan kemampuan PCI Express yang baru saja dibeli, mungkin sebagai tambahan dari prosesor baru, pengguna yang memiliki anggaran hati nurani mungkin tidak ingin langsung mendapatkan kartu grafis baru. Dengan membuat slot AGP tersedia pada papan seperti ECS 915P-A, tidak ada alasan untuk menarik kartu AGP yang sangat baik hanya karena seseorang membeli motherboard baru yang mendukung PCI Express.

Kartu grafis PCI Express sangat mirip dengan kartu AGP, kecuali untuk konfigurasi konektor. Ukuran dan tata letak fisiknya sebanding, dan bahkan harganya pun tidak jauh berbeda. Pilihan kartu grafis saat ini di Geeks.com tidak memungkinkan Anda membandingkan apel dengan apel di satu kartu, tetapi orang mungkin menemukan banyak kartu AGP yang sama tersedia dalam format PCI Express dengan harga yang kira-kira sama (atau bahkan lebih murah) uang). Untuk saat ini, pasar tampaknya berjalan paralel, tetapi seiring waktu akan terjadi pergeseran yang mendukung PCI Express yang mendominasi pasar.

Meminimalkan biaya yang terlibat dalam pembuatan motherboard bisa menjadi manfaat lain. Mari kita lihat contoh adaptor jaringan yang hanya membutuhkan 1 jalur untuk beroperasi. Jika ini adalah adaptor jaringan berbasis PCI, jejak untuk bus 32-bit standar harus mencapai perangkat ini, alih-alih empat jejak yang diperlukan untuk 1 jalur PCI Express. Desain motherboard jelas akan sangat membebani manfaat ini yang pernah direalisasikan, dan ada kemungkinan bahwa papan kelas atas benar-benar membutuhkan lebih banyak jejak.

Sebelum melihat manfaat utama PCI Express, kinerjanya, mari kita lihat kemampuan PCI dan AGP. Bus PCI standar memiliki lebar 32-bit, beroperasi pada 33 MHz, dan menyediakan bandwidth maksimum 132 MB / s (yang harus dibagi oleh semua perangkat yang terhubung). AGP 8x memiliki lebar bus 32-bit, beroperasi pada 533 MHz, dan menyediakan bandwidth maksimum (khusus) 2,1 GB / s.

Setiap jalur PCI Express mampu 250 MB / s di setiap arah, dan seiring kemajuan teknologi silikon yang diperlukan direalisasikan, jumlah itu dapat diperkirakan empat kali lipat. Saat ini, slot x16 164-pin dapat diharapkan menyediakan sekitar 4GB / s bandwidth yang dapat digunakan di kedua arah, yang hampir dua kali lipat bandwidth 2.1GB / s yang dapat ditawarkan AGP 8x! Jelas peningkatan yang mengesankan, dan karena teknologinya disempurnakan, akan sangat menarik untuk melihat peningkatan skala kinerja.

Pada paragraf sebelumnya, saya menyebutkan bahwa slot x16 menampilkan 164 pin. Masing-masing konfigurasi lajur yang berbeda disertai oleh konektor fisik yang berbeda, dan contoh x16, x8, x4, dan x1 dapat dilihat di sini. Sebagai contoh dunia nyata, motherboard Chaintech VNF4 Ultra Athlon 64 Socket 939 menunjukkan instalasi sebenarnya dari satu slot x16 dan dua slot x1.

Kartu grafis jelas akan mendapat manfaat paling banyak dari daya dan kinerja yang tersedia dengan PCI Express, tetapi seperti yang disebutkan, perangkat lain juga akan dapat memanfaatkan standar baru ini. Contoh adaptor jaringan hanyalah salah satu yang tidak menguntungkan lainnya yaitu beberapa kartu grafis berkinerja tinggi dapat dipasang pada satu motherboard, hanya dapat menggunakan PCI Express, tetapi juga akan melihat manfaat kinerja. Adaptor Gigabit Ethernet akan lebih mungkin untuk benar-benar mencapai kecepatan pengenalnya berkat hambatan utama yang dihilangkan dalam bentuk PCI Bus yang lebih lambat dan lebih sempit. Perangkat intensif bandwidth lainnya, seperti pengontrol RAID, juga dapat diharapkan untuk melompat dari PCI Bus yang lebih lambat dan menemukan pengendaraan yang lebih mulus pada PCI Express. Meskipun perangkat PCI yang membutuhkan bandwidth lebih sedikit mungkin tidak melihat manfaat kinerja dari pergi ke PCI Express, karena standar mencapai penerimaan mainstream yang lebih besar, implikasi biaya mungkin menemukan perangkat ini bergeser pula, seperti yang terjadi dengan transisi dari ISA ke PCI.Dalam dua angsuran pertama